Tips Ringan Belanja di Pasar Tradisional

Tips Ringan Belanja di Pasar Tradisional
Foto: http://dhievhiea.wordpress.com
Walaupun telah banyak dibangun pasar-pasar modern seperti swalayan atau supermarket yang menawarkan fasilitas bisa dikatakan lebih baik dari pasar tradisonal, nyatanya tidak sedikit dan tidak begitu menyurutkan  masyarakat kita untuk tetap setia berbelanja di pasar tradisional. Apakah Anda salah satunya?

Variansi barang dan harga murah adalah dua indikasi utama yang melekat bagi Anda yang gemar berbelanja di pasar tradisonal, namun tidak menutup kemungkinan keramahan penjual dan nuansa khas nusantara dalam sistem perdagangan lah yang menjadi indikator penentu lainnya.

Bagi Anda yang baru akan berbelanja di pasar tradisonal, ada baiknya menyimak berberapa kiat berbelanja nyaman di pasar tradisional berikut:

Datang Lebih Awal
Untuk masyarakat perkotaan, waktu belanja di pasar merupakan hal penting, bila salah waktu Anda bisa menjumpai suasana pasar yang begitu sesak dan ramai atau barang dagangan penjual yang hanya menyisakan sisa barang terutama buah dan sayuran dengan kondisi tidak terlalu baik. Untuk itu datanglah lebih awal, selain leluasa karena lenggang dan tidak terlalu sesak, Anda juga bisa mendapatkan barang pilihan yang diperlukan.

Teliti dalam Membeli
Ada kaitannya mendapatkan barang pilihan dengan ketelitian saat membeli, usahakan untuk membeli barang dengan pilihan kita sendiri sebelum dimasukan ke keranjang belanja, semisal Anda ingin membeli sayuran, pilihlah satu-persatu sayuran dengan kondisi bersih dan masih segar.

Sedia Uang Tunai
Saat ini, pasar tradisonal masih menggunakan sistem pembayaran konvensional berupa uang tunai, sebaiknya sediakan uang tunai sebelum berbelanja. Jika barang yang akan dibelanjakan banyak, baiknya Anda membawa uang dengan pecahan yang beragam, jika belum memiliki uang kecil utamakan belanja daging terlebih dahulu.

Lakukan Penawaran
Tawarlah barang yang akan Anda beli untuk mendapatkan harga barang lebih murah lagi, umumnya pedagang akan mematok harga jual penawaran berkisar 50% sampai 85% dari harga tertera. Jangan lupa lakukan penawaran dengan bahasa sopan dan ramah.

Jadilah Pelanggan
Jika sudah sering belanja di pasar tradisonal, pilihlah satu atau lebih pedagang yang akan menjadi langganan Anda berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang Anda tentukan sendiri, dengan begitu biasanya Anda akan mendapatkan barang dan harga terbaik setiap berbelanja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »