Kenali Ciri-Ciri Penipuan Melalui SMS

Kenali Ciri-Ciri Penipuan Melalui SMS
Foto: gen22.net
"Selamat Anda memenangkan
hadiah senilai 50 juta dari
Mie Plankton. klaim hadiah
Anda sekarang juga, hub.
CS kami 081234567891
atau akses http://mieplankton.
webs.com untuk klaim hadiah.

Pengirim
+6281234567891000"

Pernah mendapat pesan singkat atau SMS serupa pesan diatas? Hati-hati, pesan tersebut merupakan contoh pesan singkat yang digunakan untuk melakukan tindakan penipuan dengan sasaran siapa saja termasuk Anda.

Bila Anda mendapat SMS dengan kalimat menyerupai pesan diatas, baiknya jangan terbuai dahulu dengan iming-iming hadiah besar yang akan Anda dapatkan, analisa keaslian SMS atau hubungi nomor resmi layanan pelanggan produk bersangkutkan merupakan beberapa solusi agar Anda tidak tertipu, jangan sampai uang Anda hilang namun hadiah tidak kunjung datang.

Agar tidak menjadi korban, Anda bisa mengenali ciri-ciri penipuan melalui SMS dengan mengikuti beberapa tips berikut:

Tidak Pernah Ikut Program Undian
Bila Anda tidak pernah mengikuti program undian sebuah produk namun Anda dikabarkan memenangkan hadiah dari program undian produk tersebut, ketahuilah bahwa kabar itu tidaklah benar. Dalam hal ini, tidak mungkin seorang bukan peserta memenagkan hadiah.

Nomor SMS Pengirim
Perhatikan nomor telepon pengirim SMS bernada penipuan, biasanya masih menggunakan nomor ponsel umum seperti +621234567891000. Pengumuman pemenang sebuah program hadiah biasanya diumumkan melalui media cetak atau surat pemberitahuan dari Kementrian Sosial .

Website dan E-Mail Palsu
Pelaku penipuan dengan modus SMS beberapa didapati menyertakan alamat website dan e-mail palsu, website palsu memang memiliki tampilan hampir serupa dengan website resmi sebuah produk, namun dapat dikenali dengan salah satunya memperhatikan alamat website. Website palsu biasanya menggunakan domain gratis semisal http://www.mie-plankton.webs.com.

Dimintai Data Pribadi
Pelaku penipuan menanyakan data diri Anda yang sifatnya pribadi seperti nomor rekening, PIN dan sebagainya. Penyelenggara program hadiah resmi pasti tidak akan menanyakan hal-hal seperti itu.

Transfer Dana Pengiriman Hadiah
Anda diminta mentransfer sejumlah uang untuk pengiriman hadiah kerumah Anda, pelaku penipuan akan mengancam tidak akan mengirimkan hadiah kalau Anda tidak mentransfer sejumlah uang kepada pelaku. Umumnya pemenang hadiah resmi tidak akan diminta mengirim sejumlah uang apalagi menggiring Anda ke ATM.

Jadilah Pelopor Kebaikan
Selain mengenali ciri-ciri pesan penipuan, Anda juga bisa menjadi pelopor agar tidak ada lagi korban penipuan berikutnya. Caranya mudah:

Laporkan ke Operator Selular

TELKOMSEL
Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan lalu kirim ke 1166
Contoh : penipuan#081212455xxx#Selamat Anda memenangkan hadiah senilai 50 juta dari Mie Plankton... Lalu kirim ke 1166

XL
Anda tinggal men-forward pesan penipuan dan kirim ke 588

INDOSAT
Laporkan penipuan ke galeri Indosat atau layanan konsumen.

Laporkan ke Kepolisian
Jika Anda menjadi korban atau hanya mendapat SMS penipuan, laporkan ke kepolisian agar bisa ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

Ingatkan Kerabat
Jangan sungkan ingatkan kerabat, teman dan sanak saudara Anda untuk mewaspadai hal ini, cegah mereka agar tidak menjadi korban selanjutnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »