Tips Aman Belanja Online

Foto: examiner.com
Belanja merupakan aktivitas rutin manusia untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan secara lebih  mudah. Dalam perkembangannya, kegiatan perbelanjaan terus dibumbui dengan penawaran berupa kemudahan-kemudahan untuk memperoleh barang atau jasa dari si penjual.

Kemudahan inilah yang membuat kita merasa nyaman dan ingin selalu berbelanja, ditambah di era teknologi ini kita telah mengenal internet, saat ini pun internet dijadikan mediasi untuk berberlanja karena kemudahannya tergolong instan, apapun yang kita inginkan bisa diperoleh hanya dengan satu sentuhan yaitu klik.

Percaya atau tidak, ratusan bahkan ribuan toko kini sudah dibangun di internet, kita akrab menyebutnya toko online, disana kita dapat berbelanja dan memilah barang atau jasa yang tepat dengan sangat mudah, namun dibalik kemudan itu, kita dituntut untuk selalu waspada agar tidak menjadi korban tindak kejahatan atau penipuan yang kian mewabah, imbas dari banyaknya transaksi yang dilakukan di internet.

Untuk itu, sebelum belanja di internet ada baiknya Anda mengikuti beberapa kiat aman belanja online berikut:

Cari Referensi
Cek apakah produk atau jasa yang akan Anda beli berasal dari toko online atau penjual yang bisa dipercaya dan memiliki reputasi baik. Cobalah hubungi nomor penjual dan cari ulasan lebih dalam dari mesin pencari atau pelanggan-pelanggan sebelumnya. Jika menemukan beberapa hal yang tidak beres, batalkan niat untuk membeli di situs atau penjual tersebut.

Aturan dan Kebijakan
Pahami segala aturan dan kebijakan yang diterapakan oleh si penjual, apakah barang yang akan diterima bergaransi atau tidak, dan bagaimana klaim penukaran barang atau pengembalian uang apabila barang yang diterima cacat atau dalam kondiri rusak.

Ada Harga Ada Rupa
Periksa apakah barang yang ditawarkan memiliki harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran atau tidak, jika harga yang ditawarkan begitu murah ada baiknya Anda tidak cepat tergiur, berhati-hatilah dengan hal seperti ini, pelaku penipuan umumnya menggunakan cara ini untuk memancing spontanitas Anda dalam membeli barang.

Jaga Data Diri
Jangan terlalu mudah memberikan data diri pribadi seperti nomor telepon, email, nomor KTP, nomor rekening dan sebagainya, periksa pula apakah Anda terhubung dengan situs ber-SSL (Secure Sockets Layer atau koneksi aman dengan data terenkripsi) ini dapat dilihat dari alamat awal situs adalah HTTPS.

Total Harga
Selalu analisa dan cek berapa total harga yang harus Anda bayar. Beberapa toko online menerapkan harga yang tertera belum termasuk PPN, ongkos kirim, dan asuransi bila ada.

Metode Bayar
Bila penjual menawarkan berbagai jenis metode pembayaran maka pilihlah yang terbaik dan tepat, CoD mungkin memberikan keamanan lebih dalam bertransaksi, selain itu transfer bank atau melalui pembayaran online seperti Paypal juga bukan pilihan yang buruk.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »