Akhirnya Walikota Depok Terapkan One Day No Rice

Informasi Depok | Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengelurkan surat edaran kepada para pengelola kantin di Balaikota Depok yang isi pokok dari surat tersebut ialah One Day No Rice (Satu hari tanpa nasi). Satu hari tanpa nasi ini dilaksanakan pada setiap hari selasa di lingkungan Balaikota Depok.

Kebijakan tersebut membuat pro dan kontra dikalangan masyarakat Depok, namun Nur Mahmudi Ismail sendiri sudah mengantisipasi kritikan yang akan ditrima dengan menjelaskan manfaat kesehatan dari dilaksanakannya program ini "Nasi adalah makanan berkadar gula tinggi, bila dikonsumsi berlebihan akan berdampak pada level glukosa yang meningkat dan memicu resiko terkena diabetes" tegasnya.

Sebagian pengelola kantin di Balaikota depok lebih memilih tutup pada hari tersebut, sebagian lagi berusaha keras memutar otak untuk mengganti dagangan makanan berbahan beras dengan makan berbahan lainnya, seperti dikutip dari Okezone "seorang pedagang yang bisanya berjualan nasi bakar pun kini disulap menjadi singkong bakar dengan kemasan yang sama yaitu daun pisang".

Demi menjadi panutan untuk warga Depok, kebijakan ini juga melarang para PNS yang bekerja di kantor Balaikota untuk membeli makanan terutama berbahan beras diluar lingkungan Balaikota, PNS yang kedapatan melanggar akan dikenakan sanksi.

Sebagai tambahan, menurut pengakuannya Nur Mahmudi Ismail sendiri akhir-akhir ini tidak mengkonsumsi nasi sekitar enam bulan, sebagai gantinya ia mengkonsumsi ubi, ketela, jagung, talas, dan bahan non terigu lainnya.
Gambar : inibanjar.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »