Siswa Depok Sukses Membuat Pesawat Tanpa Awak

Gambar: beritahankam.blogspot.com    (Ilustrasi)
Informasi Depok - Rendy Devara, Muhammad Hafizh, Muhammad Irfan, dan Miftahul Khoiri adalah keempat siswa SMA asal Depok yang berhasil membuat pesawat tanpa awak yang mereka namakan Predator. Pesawat tanpa awak yang berhasil mereka buat dalam even Indonesian Aerial Robot Contest 2012 di Bandung. Sekilas bentuknya hampir serupa dengan pesawat tanpa awak milik angkatan bersenjata Amerika Serikat MQ-9 Reaper, namun dalam kemampuan memang tidak secanggih MQ-9 Reaper.

Dikutip dari Tribun Jabar Predator ini memiliki sebuah baling-baling yang berada pada bagian belakang pesawat bertenaga gerak baterai, global positioning system (GPS) dibagian badan pesawat guna keberadaan pesawat ketika terbang dapat terlacak, serta sebuah kamera dibagian depan pesawat yang fungsinya untuk mengambil gambar sekaligus memantau kondisi di darat dari udara.

Untuk membuat Predator ini, setidaknya keempat siswa tersebut menghabiskan dana sekitar Rp. 5 Juta yang digunakan untuk membeli bahan seperti tripleks, kayu balsa, serta kelengkapan lainnya, mereka memilih sebagian bahan yang digunakan berasal dari tripleks dan kayu karena mudah diterbangkan dan dikendalikan.

Dalam perlombaan ini, mereka juga bersaing dengan 26 tim lainnya yang juga membuat pesawat tanpa awak, sebenarnya terdapat 30 tim dalam perlombaan, namun 4 diantaranya dinyatakan diskualifikasi karena tidak memenuhi validasi awal dalam perlombaan yaitu presentasi di depan juri dan pesawat mampu mengambil gambar objek di titik yang sudah ditentukan.

Untuk dapat memenangi lomba, nantinya setiap tim akan dinilai hasil karyanya dalam dua tahap Dropping atau menjatuhkan sesuatu dari pesawat, serta sebaik mana ketahanannya diudara. Ini adalah even kelima yang diadakan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan total hadiah Rp. 50 juta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »